Ini Cara Cek Penerima Program PIP Juli 2024 Lengkap dengan Linknya

Ini Cara Cek Penerima Program PIP Juli 2024 Lengkap dengan Linknya

Smallest Font
Largest Font

Jakarta - Program Indonesia Pintar (PIP) dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga tak mampu  tetap mendapatkan layanan pendidikan, baik melalui jalur formal SD sampai SMA/SMK dan jalur non formal paket (A) smpai paket (C).

Melalui program PIP ini, pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.

Melansir laman Kemendikbud bahwa program PIP ini juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Sementara itu, memasuki bulan Juli 2024 ini, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) kembali melakukan penyaluran dana PIP 2024.

Pasalnya pada bulan Juli ini termasuk dalam jadwal penyaluran PIP Kemdikbud termin 2 jika mengacu pada pelaksanaan tahun sebelumnya. Oleh karena itu bisa saja dana PIP 2024 tersebut sudah masuk rekening mulai hari ini.

Namun, apabila telah cair dan dana sudah masuk rekening, maka siswa penerima PIP Kemdikbud 2024 bisa segera ambil BLT untuk membeli berbagai kebutuhan terkait pendidikan seperti tas, seragam, sepatu, hingga buku.

Kemudian, bagaimana cara Anda mengetahui bahwa dana PIP Kemdikbud 2024 tersebut sudah cair dan masuk rekening Anda.

Adapun tanda apabila PIP Kemdikbud 2024 tersebut telah cair yaitu siswa penerima mendatapatkan SK Pemberian dengan keterangan dana sudah masuk.

Cara Cek Melalui Login SIPINTAR di link pip.kemdikbud.go.id

  • Akses laman SIPINTAR di link pip.kemdikbud.go.id
  • Masukan NISN dan NIK di kolom "Cari Penerima PIP"
  • Masukan hasil perhitungan yang tertera dalam situs
  • Lalu klik "Cari Penerima PIP"

Selanjutnya, sebagai informasi supaya dapat SK Pemberian PIP Kemdikbud 2024 sendiri siswa penerima sebelumnya harus sudah memiliki rekening SimPel.

Lalu, untuk memiliki rekening SimPel tersebut dapat dilakukan dengan aktivasi rekening langsung oleh siswa penerima PIP Kemdikbud 2024 dengan cara sebagai berikut:

  • Datang ke bank penyalur dana PIP Kemdikbud 2024.
  • Lakukan pengajuan aktivasi rekening SimPel ke petugas terkait.
  • Lengkapi dan serahkan seluruh syarat dokumen yang diperlukan.
  • Ikuti seluruh prosedur dan instruksi dari petugas.
  • Jika sudah selesai, maka siswa penerima akan dapat buku rekening dan kartu debet ATM.

Kemudian untuk dokumen yang diperlulkan untuk proses aktivasi rekening SimPel diantaranya sebagai berikut;

  • Formulir aktivasi rekening yang berasal dari bank.
  • Surat keterangan aktivasi dari Kepala Sekolah.
  • Fotokopi identitas diri siswa penerima dan orang tua atau wali.

Bank Penyalur Dana PIP Kemdikbud 2024

  • Bank BNI untuk siswa penerima SD dan SMP sederajat.
  • Bank BRI untuk siswa penerima SMA dan SMK sederajat.
  • Bank BSI khusus untuk siswa penerima di wilayah Aceh. (**)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author